Minggu, 11 Maret 2012

Erhu(二胡)

 Erhu itu alat musik tradisional China yg berasal dari Mongolia atau Asia Tengah. Alat musik ini tergolong Hu qin(alat musik gesek). Erhu mempunyai dua senar yang biasanya senar itu terbuat dari serat sutra atau logam. Dulu erhu di buat pakai senar sutra tapi karena mudah putus jadi untuk sekarang di ganti dengan senar logam.


Huqin telah berumur sekitar 500 tahun. Mulai populer pada zaman dinasti Song (960-1279 SM), yang kemudian berlanjut ke zaman dinasti Ming (1368-1644) dan dinasti Qing (1644-1911) dimana dalam kurun waktu tersebut Huqin telah berkembang menjadi bermacam-macam jenis, termasuk yang kita kenal sekarang sebagai erhu.


 Erhu digesek dengan busur yang terbuat dari bambu dan rambut ekor kuda, ekor kuda itu ditempatkkan diantara kedua senar,sehingga memudahkan perpindahan menggesek antara kedua senar. rambut ekor kuda tersebut digosok dengan damar sehingga terasa kesat waktu digesek.


Hu qin pun macem-macem jenisnya ada jing hu, ban hu, ge hu, dan gao hu.
Jing hu itu mirip kaya erhu hanya saja Jing hu di gunakan dalam pertunjukkan opera China dan nadanya jauh lebih rendah daripada erhu.
Lalu, Gao hu itu alat musik gesek bersenar dua dan nadanya lebih tinggi dari Erhu.
Ge hu yaitu cello China bersenar empat, dan cara memainkannya di letakkan di bawah lalu di gesek, karena ukurannya yang besar, memiliki empat senar.
Ban hu itu mirip erhu hanya bernada lebih rendah dari erhu dan jing hu. Sekian dulu ya . Thanks buat yg baca.

.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar